Wednesday, April 18, 2012

Dhanny and Autism

My Child Has Been Diagnosed with Autism...Now What?

Thanks God..akhirnya dhanny tertidur juga, what a tiring day..
Dhanny anak ku penyandang Autis PDD NOS sejak usia 2tahun.
Bermula dari kecurigaan kami kenapa dhanny belum juga mengeluarkan kata2 saat itu usianya hampir genap 2tahun.
So Moms..kalo Sudah hampir usia 2tahun masih belum ada tanda2 anak kita mulai berbicara dan cenderung menarik diri dari keramaian, lebih asik dengan dunianya sendiri. You better check our child to the doctor to make sure if there's something wrong with her/him. Earlier treatment is better than late.

Aku mulai mencurigai sesuatu yang tidak beres ada pada dhanny anak ku, keanehan2 muncul sejak dhanny di imunisasi MMR pada usia 20 bulan, ketika dipanggil panggil namanya tidak mau menoleh seakan akan dia tidak mendengar.. Cuek banget, sering asik dengan dunianya sendiri..tidak suka dengan keramaian. Akhirnya aku dan suami membawa dhanny ke salah satu tumbuh kembang yang dekat dengan daerah kami di cibubur..Dokter psikolog yang memeriksa dhany belum berani memvonis dhanny Autis, walaupun tanda2 mengarah ke autis itu ada..Akhirnya dokter menyarankan agar dhany menjalankan terapi. Dan tepat usia dhanny 2tahun waktu itu..putra kecilku memulai terapinya. Sejak itu hingga detik ini rangkaian treatment dan macam2 terapi dijalani..Sensory Intregasi, Okupasi terapi, Behaviour therapy, Terapi wicara. Dari dulu hingga saat ini, dhanny hanya baru pindah sekali tempat terapi..yang sebelumnya di klinik tumbuh kembang cibubur dan hampir tiga tahun terakhir ini sampai sekarang dhanny terapi di Yamet Cibubur dengan kontrol dari Pak Trigunadi. Pak Gun inilah yang mendiagnosa dhanny sebagai anak dengan spectrum Autis PDD NOS, yaitu spektrum autis yang mengalami masalah interaksi sosial dan masalah berbicara...........

Ya Allah.. Sebagai orang tua yang Engkau titipi anak special ini, betapa banyaak sekali Hal2 yang telah aku dan suami alami, suka, duka, airmata, emosi menjadi makanan kami setiap hari..
Aku percaya ciptaanMu tidak pernah ada yang gagal..ciptaan mu selalu indah Чά Allah..
Aku percaya Engkau menitipi kami seorang anak seperti dhanny karena Engkau tau kami mampu merawatnya..Berikan lah kami kesabaran yang tiada batasnya ya Allah...
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

1 comment:

  1. Assalamualaikum Bu Siska,, saya jg memiliki putra 2,5 th dg pdd nos,, saya sangat senang membaca blog ibu... Teruslah menulis,, terima kasih :)

    ReplyDelete